Senin, 08 Oktober 2012

Jelaskan tentang perbedaan ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial

  1. Jelaskan tentang perbedaan ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial
     A.Ilmu budaya dasar
Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan
     b. Ilmu pengetahuan sosial
Ilmu pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.
Jika kita lihat dari pengetiannya, masing-masing dapat kita tarik persamaan dan perbedaannya.

 ILMU BUDAYA DASAR dan ILMU PENGETAHUAN SOSIAL :
  • Keduanya menpunyai masalah sosial
  • Keduanya merupkan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran dan bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
·         Persamaannya   Persamaan Ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial sama-sama mempelajari tentang manusia atau aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia. 
2)    PERBEDAAN BUDAYA DASAR dan ILMU PENGETAHUAN SOSIAL :
  • Ilmu budaya dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian , sedangkan ilmu pengetahuan social diarahkan pada pembentukkan penegetahuan dan ktrampilan intelektual.
  • Ilmu budaya dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
·         Persamaannya   Persamaan Ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial sama-sama mempelajari tentang manusia atau aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia.

Ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial sama-sama mempelajari tentang manusia atau aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar