Ilmu Budaya Dasar Sebagai Mata Buliah Berkehidupan Bermasyarakat Umum
Pecapaian kemampuan akademik dan kemampuan
Profesi telah diusahakan melalui mata kuliah keahlian (MKK), yaiut mata-mata
kuliah menurut bidang ilmu pengetahuan masing-masing yang diberikan di
perguruan tinggi.
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk
dicapai melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam mata kuliah dasar
umum yang terdiri atas mata-mata kuliah :
· Pancasila.
· Agama.
· Kewiraan.
. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa.
· Ilmu alamiah dasar (IAD).
· Ilmu sosial dasar (ISD).
· Ilmu budaya dasar (IBD).
· Agama.
· Kewiraan.
. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa.
· Ilmu alamiah dasar (IAD).
· Ilmu sosial dasar (ISD).
· Ilmu budaya dasar (IBD).
7 mata kuliah dasar umum dikelompokon menjadi 2 bagian :
- Kelompok pertama meliputi mata kuliah : pancasila, agama, kewiraan dan pendidikan sejarah perjuangan bangsa. Kelompok ini diharapkan dapat menjadi dasar pedoman sebagai warga negara pelajar yang baik. Keempat mata kuliah tersebut wajib diikuti oleh semua mahasiswa di semua perguruaan tinggi, yang dinilai dan ikut menentukan kelulusan.
- Kelompok kedua meliputi mata kuliah : IAD, ISD dan IBD. Kelompok ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kepekaan mahasisiwa berkenaan dengan lingkungan Alamiah, lingkungan social dan lingkungan budaya.
Secara spesifik kemampuan pribadi yang hendak
dicapai melalui MKDU bertujuan menghasilkan warga negara Sarjana yang
berkualifikasi sebagai berikut :
- Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
- Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkannilia-nilai pancasiladan memiliki integeritas kepribadianyang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemampuan sebagai sarjana Indonesia.
- Memiliki wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa, sehingga dapat memperkuat semangat kenbangsaan, memeprtebal rasa cinta tanah air, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara,mempertinggi kebangsaan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
- Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan, baik social, ekonomi, politik, pertahanan keamanan maupun kebudayaan.
- Memiliki wawasan yang luas tentang kehidupan bermasyarakat, dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun tentang lingkungan alamiah erta bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.
Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari
MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya.
Pengertian
Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang
menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat
Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang
berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu
social seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi,
psikologi sosial.
Kehidupan manusia sebagai mahluk sosial selalu dihadapkan kepada masalah
sosial yang tdak dapat dipisahkan dalah kehudupan. Masalah sosial ini
timbul sebagai akibat dari hubungannya dengan sesame manusia lainnya dan
akibat tingkah lakunya.masalah sosial ini idaklah sama antara
masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya karena adanya perbedaan
dalam tingkat perkembangan kebudayaannya, serta sifat kependudukannya,
dan keadaan lingkungan alamnya. Yang membedakan masalah sosial dengan masalah lainnya adalah bahwa maalah sosial selalu ada kaitannya yang dekat denan nailai-nilai moral dan pranata-pranata sosial, serta ada kaitannya dengan hubungan-hubungan manusia itu terwujud. Pengertian masalah sosial memiliki dua
pendefinisian: pertama pendefinisian menurut umum, kedua menurut para ahli. Menurut umum atau warga masyarakat, segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial. Menurut par ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekecauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.
Contoh pedagang kaki lima. Menurut definisi umum, pedagang kaki lima bukan masalah sosial karena merupakan upaya mencari nafkah untuk kelangsungan hidupnya, dan pelayanan bagi warga masyarakat pada taraf ekonomi tertentu. Sebaliknya para ahli perencanaan kota menyatakan pedagang kaki lima sebagai sumber kekacauan lalu lintas dan peluang kejahatan. Batasan lebih tegas lagi dikemukakan oleh Leslie (1974) yang disitat oleh Parsudi (1981), bahwa masalah sosial adalah suatu kondisi yang mempunyai pengaruh kepada kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai, oleh karena itu dirasakan perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.
3. Ilmu
Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan social
(IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Persamaan ISD dan IPS yaitu :
- Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
- Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.
- Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
4. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
- Kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
- Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
Berdasarkan bahan kajian seperti yang disebut
diatas, dapat dijabarkan lebih lanjut ke dalam pokok bahasan dan sub pokok
bahasan, untuk dapat di operasionalkan.
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 10 Pokok Bahasan,
dari kesepuluh pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu
Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1) Ilmu
Sosial Dasar (ISD) bagian dari Mata Kuliah Dasr Umum (MKDU).
2) Individu,
Keluarga dan Masyarakat.
3) Penduduk
Masyarakat dan Kebudayaan.
4) Pemuda
dan Sosialisasi.
5) Warga
Negara dan Negara
6) Pelapisan
Sosial dan Kesamaan Derajat.
7) Agama
dan Masyarakat.
8) Ilmu
Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan.
9) Prasangka
Diskriminasi dan Etnosentris.
10) Masyarakat
dan Perkotaan dan Masyarakat Perdesaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar