Minggu, 24 November 2013

INDIVIDU KELUARGA DAN MASYARAKAT



                            INDIVIDU K ELUARGA DAN MASYARAKAT

·               Pengertian Individu seorang manusia tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.b.Pengertian Pertumbuhan menurut pendapat aliran psikologi Gestalt, pertumbuhan adalah proses perubahan secara perlahan-lahan pada manusia dalam mengenal sesuatu secara keseluruhan baru kemudian mengenal bagian bagian dari lingkungan yang ada.

·               Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Pada garis besarnya dapat digolongkan menjadi 3 yaitu : Pendirian nativistik (faktor yang dibawa sejak lahir). Pendirian enviromentalistik (menolak dasar pertumbuhan individu dan lebih menekankan pada lingkungan). Pendirian konvergensi (menyatakan bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu).d. Tahap Pertumbuhan Individu Berdasarkan Psikologi : Masa Vital : 0 sampai kira kira 2 tahun. Masa Estetik : dari 2 tahun sampai 7 tahun. Masa Intelektual : dari 7 tahun sampai 13/14 tahun. Masa Sosial : 13/14 sampai 20/21 tahun.

·               Pengertian Keluarga adalah unit kesatuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Keluarga adalah suatu satuan unit terkecil yang terdiri dari ayah, ibu Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangatvdan anak. berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun langsung secara individual di masyarakat.

·               Fungsi keluarga adalah sebagai pusat pengasuhan dan pendidikan. Macam macam fungsi keluarga : Fungsi biologis (tuntutan biologis melalui perkawinan). Fungsi pemeliharaan (agar anggota kluarga terlindungi dari gangguan udara, dan penyakit). Fungsi ekonomi (keluarga berusaha menyiapkan kebutuhan pokok, ex : makanan, minum, pakaian dan tempat tinggal). Fungsi agama (agar lebih mendalami ajaran agama). Fungsi sosial (di dalam keluarga selalu terjadi pewaris nilai nilai kebudayaan). Kontrol seksual. Dalam perkembangan dan pertumbuhan suatu masyarakat, dapat di golongkan menjadi 

      1. Masyarakat Sederhana. Di dalam lingkungan masyarakat sederhana (primitif) pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin.
      2. Masyarakat Maju (Modern).

            Di dalam lingkungan masyarakat maju (modern) pola pembagian kerja cenderung  Syarat masyarakat : berdasarkan kebutuhan. 1. Ada kumpulan manusia dan bukan binatang, 2. Harus berkumpul dalam waktu lama, 3. Ada aturan yang mengikat, 4. Ada tujuan yang ingin dicapai.

·                Dalam lingkungan masyarakat maju, dapat dibedakan sebagai kelompok masyarakat non industri dan masyarakat industri.1. Masyarakat Non Industri a) Kelompok Primer (interaksi antar anggota terjalin lebih intensif, lebih erat, lebih akrab). Ex: keluarga, tetangga. b) Kelompok sekunder (antara anggota kelompok sekunder, terpaut saling hubungan tak langsung, formal, juga kurang bersifat kekeluargaan).2. Masyarakat Industri Mempergunakan variasi pembagian kerja sebagai dasar untuk mengklafikasikan masyarakat, sesuai dengan taraf perkembanganya. Akan tetapi ia lebih cenderung mempergunakan dua taraf klasifikasi, yaitu sederhana dan yang kompleks.

·                INDIVIDU,KELUARGA DAN MASYARAKAT1) Pengertian individu Menurut Dr. A. Lysen, individu berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan.2) Pengertian keluarga Menurut Sigmund Freud, keluarga itu terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita.          masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektiva-kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau sub kelompok.

·                HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, Individu berarti makhluk KELUAGA, DAN MASYARAKAT yang tidak dapat dibagi-bagi, tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya yang disebut manusia. Terlepas daripada itu keluarga dalam bentuk yang murni merupakan satu kesatuan sosial ini mempunyai sifat-sifat tertentu yang sama, dimana saja dalam satuan masyarakat manusia. Sedangkan masyarakat itu timbul dari setiap kumpulan individu, yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama dalam waktu lama. Sehingga hubungan antara individu, keluarga, dan masyarakat saling berkaitan satu dengan yang lain.

Sumber : http://www.tugasku4u.com/2013/07/pengertian-dan-hubungan-individu-keluarga-dan-masyarakat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar